RSS

Glutathione

28 Apr

GLUTATHIONE

Glutathione ini merupakan protein yang secara alami diproduksi di dalam tubuh yang sangat berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan juga regenerasi sel.

Selain itu, Glutathione juga berperan sangat baik sebagai antioksidan dan antitoksin. Glutathione ini merupakan salah satu antioksidan terbaik yang hanya diproduksi oleh tubuh secara alami dan bisa dengan mudah diperoleh dari asupan makanan sehari-hari yang dikonsumsi.

Dalam Glutathione ini terdapat 3 asam amino yakni cycteine, glutamate, dan juga glysine. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tanpa Glutathione, antioksidan lainnya seperti vitamin C dan E tak akan mampu bekerja secara optimal.

Itulah sebabnya Glutathione ini sering disebut sebagai master antioksidan yang mengatur dan memiliki efek terhadap antioksidan lainnya untuk memiliki fungsi sebagaimana mestinya.

Tanpa peran Glutathione, limfosit tidak akan menghasilkan antibodi untuk melawan ganasnya infeksi bakteri dan virus yang membahayakan tubuh.

Fungsi dari Glutathione sendiri sangat bisa dirasakan secara langsung dan akan tampak dari luar dengan adanya perbaikan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Keadaan dimana meningkatnya level Glutathione di dalam tubuh akan tampak pada:

1)       Kulit yang menjadi kenyal.

2)       Menghambat dan memudarkan kerutan pada kulit.

3)       Adanya peningkatan kecerahan warna kulit di seluruh badan.

4)       Menjaga kesehatan rambut dan kuku.

5)       Serta melembutkan/menghaluskan tekstur kulit.

Adanya penurunan kadar Glutathione dalam tubuh sangat dipengaruhi dengan bertambahnya usia sesoerang. Penurunan kadar Glutathione tersebut sangat berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas dan racun sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Beberapa akibat dari adanya penurunan Glutathione pun dapat terjadi seperti timbulnya penyakit degeneratif (kepikunan, parkinson, tremor, dan lainnya), otot-otot menjadi kaku, munculnya tanda-tanda penuaan, kerontokan rambut, bercak kulit, kulit kusam, dan lain-lain. Selain disebabkan oleh adanya faktor pertambahan usia, berkurangnya kadar Glutathione juga disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

Mengapa kita perlu Glutathione?

Glutathione membantu antioksidan dan nutrisi lainnya melakukan pekerjaan mereka dengan benar. Tanpa itu, tidak ada jumlah suplemen atau makan yang sehat akan melakukan yang baik kepada kita. Selain itu, karena sistem kekebalan tubuh kita tergantung pada zat ini, kurangnya itu menyebabkan kita untuk mendapatkan lebih sering sakit. Hal ini juga melindungi mitokondria kita, yang menyediakan energi untuk sel-sel kita. Mitokondria kami sangat rentan terhadap efek radikal bebas, jadi jika glutathione tidak hadir mereka akan memburuk sangat cepat dan sel-sel kita akan mati.

Selain itu, antioksidan ini membantu tubuh kita membuang racun. Hal ini penting, karena kebanyakan dari kita terkena bahan kimia berbahaya setiap hari. Bahkan, sebuah studi oleh Cornell University menemukan bahwa lebih dari 60% dari populasi dunia yang dirugikan oleh polusi udara, dan Institut Keselamatan dan Kesehatan baru-baru ini menemukan bahwa hampir 900 bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan kulit yang beracun.

Meskipun glutathione diproduksi secara alami dalam tubuh, kadar yang mulai menurun sekitar dua puluh tahun. Dari titik itu, mereka turun sebesar 8% sampai 12% setiap dekade.

Pada saat seseorang adalah 50, tingkat ini hanya pada 60% sampai 70% dari apa yang mereka di usia remaja. Tingkat glutathione semakin menurun saat kita beranjak tua.

Tingkat glutathione dalam tubuh kita juga diturunkan oleh penyakit, racun dan hal-hal lain yang menyebabkan stres fisik atau emosional. Karena hampir tidak mungkin untuk menghindari hal-hal dengan gaya hidup modern kita, kebanyakan orang tidak memiliki cukup glutation dalam tubuh mereka.

 

Untuk meningkatkan kadar Glutathione, Anda disarankan untuk banyak memakan sayuran dan buah-buahan yang dapat membuat kandungan Glutathione dalam tubuh Anda tetap terjaga. Sumber utama Glutathione adalah asparagus, brokoli, alpukat, dan bayam.

sumber :

http://www.deherba.com/mengelaborasi-lebih-dalam-tentang-super-antioksidan-
glutathione.html
diakses pada 28 april 2013.

http://www.maxusateam.com/nutritional-supplements/what-is-glutathione.html
         diakses pada 28 April 2013.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2013 in refrensi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: